Bukan dengan Kopi, Berikut Tips Menghilangkan Rasa Kantuk saat Beraktivitas Siang Hari

- Kamis, 2 Desember 2021 | 12:36 WIB
ilustrasi/foto: istimewa
ilustrasi/foto: istimewa

HALUAN JAMBI- Siang hari menjadi waktu yang rawan terserang rasa kantuk, apalagi usai menyantap makan siang. Biasanya pada jam ini seseorang akan merasa malas dan mengantuk sehingga tidak bersemangat melanjutkan pekerjaan.

Hal ini terkesan sepele, namun dampaknya akan kurang baik dan mempengaruhi pekerjaan kamu. Agar tidak mempengaruhi produktivitas, berikut cara yang bisa kamu coba untuk menghilangkan kantuk saat bekerja di siang hari.

1. Mencari waktu yang tepat untuk tidur siang

Tidak ada salahnya tidur siang jika benar-benar suah mengantuk. Tidur siang juga bisa membuat energimu pulih kembali sehingga bisa meningkatkan produktivitas setelahnya.

Namun tidak disarankan tidur siang berkali-kali dalam waktu berdekatan. Jika ingin tidur siang, pastikan bahwa waktu paling lambat untuk melakukannya adalah 6-7 jam sebelum jam tidur malam. Tak lupa, durasi tidur siang yang masih tergolong wajar adalah 5-25 menit lamanya.

2. Memperbanyak bergerak

Percaya atau tidak, banyak bergerak dapat mengurangi rasa kantuk. Ini tandanya, hal ini bisa menjadi salah satu cara menghilangkan ngantuk yang cukup ampuh. Apalagi, jika kamu merupakan pegawai kantoran yang harus duduk terus untuk waktu yang lama.

Cobalah untuk menaklukkan rasa kantuk dengan berjalan kaki kurang lebih 10 menit. Setidaknya, aktivitas fisik yang satu ini dapat membuat kamu merasa berenergi hingga dua jam lamanya.

3. Mengonsumsi camilan sehat

Camilan manis memang meningkatkan energi, namun sifatnya hanya sesaat. Setelah itu, kamu akan merasakan kantuk.

Halaman:

Editor: Nuraini

Sumber: Haluan Padang

Tags

Terkini

X