KPK Perpanjang Masa Penahanan Orang Tepercaya Eks Gubernur Jambi Zumi Zola

- Kamis, 25 November 2021 | 09:42 WIB
foto: SINDOnews
foto: SINDOnews

HALUAN JAMBI- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memperpanjang masa penahanan Apif Firmansyah, orang kepercayaan mantan Gubernur Jambi Zumi Zola.

Apif merupakan tersangka kasus penerimaan gratifikasi di Pemerintah Provinsi Jambi Tahun 2016-2021.

Adapun perpanjangan masa penahanan yaitu selama 40 hari yaitu 24 November 2021 hingga 2 Januari 2022 di Rutan KPK Gedung Merah Puti.

“Tim penyidik memperpanjang masa penahanan bagi tersangka AF (Apif Firmansyah) untuk 40 hari kedepan,” ujar Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri yang dikutip dari Kompas.com, Kamis (25/11).

Ali menyampaikan bahwa perpanjangan penahanan itu dilakukan untuk terus melengkapi berkas perkara tersangka Apif Firmansyah.

“Penyidik masih mengagendakan pemanggilan saksi-saksi terkait lainnya,” ucap dia.

Adapun perkara ini adalah pengembangan dari perkara sebelumnya yang telah dilakukan KPK hingga menetapkan beberapa pihak sebagai tersangka, di antaranya Zumi Zola, yang perkaranya telah diputus oleh Pengadilan Tipikor dan berkekuatan hukum tetap.

Kemudian, KPK melakukan pengumpulan keterangan baik berupa informasi dan data dari berbagai pihak serta fakta persidangan di perkara Zumi Zola dkk yang telah berkekuatan hukum tetap.

Direktur Penyidikan KPK Setyo Budiyanto mengatakan, Apif merupakan orang kepercayaan dan representasi dari Zumi Zola ketika maju menjadi calon Bupati Tanjung Jabung Timur, Jambi ditahun 2010 hingga saat terpilih menjadi Gubernur Jambi periode 2016-2021.

“AF dipercaya untuk mengurus semua keperluan Zumi Zola, di antaranya mengelola kebutuhan dana operasional dengan meminta sejumlah fee proyek dari para kontraktor yang mengerjakan berbagai proyek di Provinsi Jambi,” ujar Setyon dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (4/11/2021).

Halaman:

Editor: Nuraini

Sumber: kompas.com

Tags

Terkini

Gunung Kerinci Sudah 14 Tahun Level Waspada

Sabtu, 11 Desember 2021 | 12:02 WIB

Presiden Tingkatkan Hak Penyangdang Disabilitas

Sabtu, 4 Desember 2021 | 09:37 WIB

Terpopuler

X