Sirkuit Nasional Zabak Tanjabtim Jambi Diresmikan, Siap Menggelar Berbagai Event Balap Motor

- Selasa, 7 Desember 2021 | 07:42 WIB
Peresmian Sirkuit Nasional Zabak Tanjung Jabung Timur, Jambi/ foto: ANTARANEWS.COM
Peresmian Sirkuit Nasional Zabak Tanjung Jabung Timur, Jambi/ foto: ANTARANEWS.COM

HALUAN JAMBI- Ketua MPR sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soeatyo (Bamsoet) meresmikan Sirkuit Nasional Zabak di Tanjung Jabung Timur.

Peresmian ini dihadiri juga oleh Gubernur Jambi Al Haris dan Bupati Tanjung Jabung Timur Romi Hariyanto.

Sirkuit permanen road race pertama di Jambi ini dibangun sejak tahun 2017 di areal lahan seluas 45 hektar.

"Mulai tahun 2022 nanti, Sirkuit Nasional Zabak bisa menyelenggarakan lebih banyak lagi event balap motor berkelas nasional. Kehadiran sirkuit dengan panjang lintasan mencapai 2.500 meter dengan 14 tikungan ini semakin menggeliatkan olahraga balap motor di Jambi," kata Bamsoet, Minggu (5/12) lalu.

Lanjutnya, pembangunan Sirkuit Zabak engan menggunakan APBD Tanjung Jabung Timur ini merupakan bukti keberpihakan pemerintah daerah dalam memajukan olahraga otomotif.

"Masyarakat juga bisa mendapatkan multiplier effect economy yang besar dari kehadiran sirkuit atas penyelenggaraan berbagai event balap.

Ia berharap, selain bisa melahirkan pembalap muda Indonesia yang bisa menembus kancah internasional melalui sirkuit ini, melalui sirkuit ini juga bisa meningkatkan sport tourism di Tanjung Jabung Timur maupun wilayah di sekitarnya.

"Dalam setiap minggu, harus ada event balap yang diselenggarakan. Dari mulai level antar klub, regional, hingga nasional. Bahkan, kita harapkan ajang Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) yang selama ini hanya dilaksanakan di Sentul, bisa juga digelar di Sirkuit Zabak mulai tahun depan," pungkas Bamsoet.

 

Editor: Nuraini

Tags

Terkini

Akademisi Bela Ketua Umum HIPMI Mardani H Maming

Kamis, 21 April 2022 | 14:25 WIB

Gunung Kerinci Sudah 14 Tahun Level Waspada

Sabtu, 11 Desember 2021 | 12:02 WIB
X